Halaman

Monday, June 20, 2016

Berpuasa Rupanya Mampu Turunkan Risiko Kolesterol

Romadhon merupakan bulan sumber pahala dan barokah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bukan hanya soal meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan saja, tapi di dalam rentetan manfaat puasa, terdapat berbagai peluang untuk semakin sehat dan bugar. Bahkan melebihi orang yang tidak berpuasa.

Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga mulai dari waktu shubuh hingga waktu maghrib, di balik itu semua ada beribu manfaat puasa yang bisa dipetik termasuk diantaranya mengontrol kadar gula dalam darah. Mengapa bisa demikian?
Menurut informasi yang dihimpun oleh lifehack.org, manfaat puasa dalam hal pencegahan penyakit diabetes bisa ditemukan sejak tubuh lebih sensitif dalam pengelolaan insulin (insulin sensitivity). Berdsarkan penelitan, ketika manusia sedang berpuasa tubuh akan semakin aktif untuk mengangkat senyawa-senyawa glukosa dalam darah dan memprosesnya sebagai energi. Ketika itulah secara langsung, kadar gula akan terus berkurang dalam beberapa jam beraktifitas tanpa pasokan nutrisi lagi dari luar tubuh.

Apalagi bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan di luar ruangan dan membutuhkan energi tinggi setiap waktunya, tentu saja pemanfaatan gula dalam darah untuk menjadi sumber tenaga semakin aktif. Hal inilah yang tentunya memicu tubuh untuk terus bekerja secara tepat sasaran ditambah pasokan karbohidrat pemicu gula terus dikurangi karena puasa. Hal inilah yang membuat orang yang berpuasa bisa saja lebih sehat ketimbang mereka yang tidak.

Masalahnya tentu berada pada pola makan yang tetap wajib dimanage secara tepat ketika sahur maupun berbuka. Manfaat puasa seperti di atas tentu bukan hal yang akan mudah dilakukan tanpa adanya kontrol makanan. Sehingga, jangan lupa untuk selalu menyiapkan makanan yang sehat saat buka atau sahur, dan tentu saja tidak boleh terlalu berlebihan.


Jika membutuhkan bantuan Jasa Translate/ translator/ penerjemah, Proofread (koreksi), Transkrip, maupun Subtitle, hubungi:
Whatsapp : 085755252678
Line : nokadara
Dapatkan translate berkualitas dengan harga mahasiswa :)

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan jangan melakukan spam. Terimakasih.