Halaman

Monday, June 20, 2016

10 Hak Anak yang Tidak Boleh Dilupakan oleh Orang Tua

Anak merupakan bagian terpenting dari kehidupan sepasang dua manusia yang sudah menentukan jalur hidupnya untuk saling mengikat janji setia dan menurunkan buah hati mereka untuk kehidupan yang akan datang. Anak adalah aset berharga yang wajib dilindungi dan sewajarnya mendapatkan haknya sebagai mahluk di dunia serta berwarga negara.

Layaknya manusia dewasa, hak anak merupakan kewajiban mendasar yang harus diwujudkan apalagi oleh orang tua yang melahirkan dan membesarkannya. Baik sebagai orang tua ataupun sebagai anak, sudahkah Anda mengetahui apa saja hak anak yang harus dipenuhi?Berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB Tahun 1989, setidaknya ada 10 hak yang harus diberikan setelah ia terlahir ke dunia. Berikut diantaranya:

1. Hak untuk BERMAIN
2. Hak untuk mendapatkan PENDIDIKAN
3. Hak untuk mendapatkan PERLINDUNGAN
4. Hak untuk mendapatkan NAMA (identitas)
5. Hak untuk mendapatkan status KEBANGSAAN
6. Hak untuk mendapatkan MAKANAN
7. Hak untuk mendapatkan akses KESEHATAN
8. Hak untuk mendapatkan REKREASI
9. Hak untuk mendapatkan KESAMAAN
10. Hak untuk memiliki PERAN dalam PEMBANGUNAN

Dengan semakin tuanya perdaban manusia, jelas tidak akan mudah memberikan hak anak tersebut bagi beberapa kalangan, terutama mereka yang berada dalam kondisi kurang berkecukupan. Beberapa diantaranya adalah hak untuk mendapatkan pendidikan dan hak untuk mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Oleh karenanya, peran serta negara menjadi sangat vital dan begitu dibutuhkan oleh para orang tua yang membutuhkan uluran tangan hanya demi mewujudkan hak-hak anak mereka. Tidak sedikit anak-anak harus terenggut haknya oleh kemiskinan atau pelayanan negara yang minim di ujung negeri ini. Terlebih bagi mereka yang sedari lahir harus kehilangan kasih sayang dan hangatnya belaian orang tua yang telah tiada.

Hal tersebut jelas termaktu dalam Pasal 34 ayat (1) UUD 1945 disebutkan bahwa “fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara”.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan jangan melakukan spam. Terimakasih.